KSOP Utama Tanjung Priok Raih Dua Penghargaan Dalam Rekornis Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Tahun 2024 - 29 April 2024

KSOP Utama Tanjung Priok Raih Dua Penghargaan Dalam Rekornis Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Tahun 2024 - 29 April 2024

Jumat, 21-06-2024 - 09:38:04 Jumlah Pembaca : 5475 Orang

Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, menggelar Rapat Teknis Koordinasi (Rakornis) tahun 2024 dengan tema “Pelayanan Perkapalan dan Kepelautan yang Optimal untuk Mewujudkan Transportasi Maju Berkelanjutan”. bertempat di Hotel Shangri-la Surabaya, Jawa Timur, mulai tanggal 28 -30 April 2024. 

Pelakasanaan Rakornis ini bertujuan untuk meningkat kan pelayanan di sektor perkapalan dan kepelalunan, menyamakan persepsi, memperoleh masukan dari lapangan, dan meningkatkan kualitas pelayanan serta melakukan berkolaborasi dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk kemajuan bidang maritim Indonesia serta meningkatkan keselamatan pelayaran.

Peserta  Rakornis berjumlah 603 orang peserta yang hadir, yang terdiri dari berbagai instansi terkait, termasuk UPT (Unit Pelaksana Teknis) di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Direktorat TSDP dan BPTD, serta perwakilan sekolah BPSDM dan DPKP.

Acara Rakornis ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pelayanan dan keselamatan transportasi laut Indonesia. Karena Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) melaksakanan tugas dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta evaluasi dan pelaporan dibidang kelaiklautan kapal laut, perlindungan lingkungan maritim dan kepelautan. 

Rakornis yang diselenggarakan oleh Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, juga melaksanakan soft launching penggunaan TTE (Tanda Tangan Elektronik) pada Sertifikat Kepelautan yang terintregasi dengan sistem BSSN BSrE selaku penyelenggara sertifikat elektronik yang dimana akan dapat mengurangi peredaran sertifikat kepelautan yang tidak sah.

Sementara Kepala Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Priok M. Takwin Masuku melalui Kabid Perkapalan dan Kepelautan Capt Renaldo Sujkri kepada Mimbar Maritim mengatakan bidang perkapalan dan kepelautan KSOP Utama Tanjung Priok dalam  acara Rakornis Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Tahun 2024 pihaknya telah berhasil meraih kedua kalinya mendapatkan penghargaan dalam Rakornis Ditkapel Pusat.

“Saya secara pribadi mengucapkan terima kasih atas kerjasama Bidang Perkapalan dan Kepelautan Kantor KSOP Utama Tanjung Priok yang selama ini dapat membangun integritas pelayanan dibidang perkapalan dan kepelautan di Kantor KSOP Utama Tanjung Priok, sehingga dapat menorehkan hasil yakni memperoleh 2 (dua) sekaligus penghargaan dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Kantor Pusat,” ucap Capt.Renaldo.

Capt Renaldo mengatakan adapun kedua penghargaan yang diraih Bidang Perkapalan dan Kepelautan Kantor KSOP Utama Tanjung Priok yaitu Pertama, Penghargaan terbaik terhadap data produksi SIMKAPEl terbanyak tingkat Kantor KSOP Utama Tahun 2024 di menangkan oleh Kantor KSOP Utama Tanjung Priok. 

Sedangkan yang Kedua, adalah penghargaan pegawai yang terbaik meraih predikat Auditor ISM Code atas nama Dessie Indah Fatmawati pegawai Kantor KSOP Utama Tanjung Priok Bidang Perkapalan dan Kepelautan. 

“Kami dari Bidang Perkapalan dan Kepelautan KSOP Utama Tanjung Priok, atas prestasi memperoleh dua sekaligus penghargaan pada Rakornis Derektorat Perkapalan dan Kepelautan mengucap syukur alhamdulillah,….semoga Allah SWT memberi berkah dalam menjalan tugas sehari-hari,” imbuhnya.

Penyerahan kedua penghargaan yang diraih Kantor KSOP Utama Tanjung Priok dalam Rakornis ini diserahkan langsung oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan Hartanto yang diwakili Kabid Perkapalan dan Kepelautan KSOP UTama Tanjung Priok Capt Renaldo Sujkri.(Red-MM).

 

Berita Terbaru