Pengukuhan Auditor International Safety Management (ISM) Code Tahun Anggaran 2023

Pengukuhan Auditor International Safety Management (ISM) Code Tahun Anggaran 2023

Minggu, 23-06-2024 - 11:54:48 Jumlah Pembaca : 5446 Orang

Selasa (14/03) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut cq Direktorat Perkapalan dan Kepelautan melakukan kegiatan Pengukuhan Auditor International Safety Management (ISM) Code Tahun Anggaran 2023 

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh H. Ahmad Wahid selaku Direktur Perkapalan dan Kepelautan. Dalam pembukaannya, H. Ahmad Wahid menyampaikan bahwa Pejabat Pemeriksa Keselamatan Kapal Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berperan penting dalam memastikan kelaiklautan kapal berbendera Indonesia. Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang manajemen keselamatan kapal harus memiliki kompetensi yang memadai dan senantiasa beradaptasi dengan perkembangan yang ada. Untuk itu, pengukuhan ini merupakan salah satu cara untuk mengukur kompetensi para Auditor Manajemen Keselamatan Kapal sekaligus menjawab tantangan yang ada.

H. Ahmad Wahid juga menyampaikan sistem manajemen keselamatan pengoperasian kapal telah menjadi perhatian IMO (International Maritime Organization) dalam rangka meningkatkan kelaiklautan kapal. Dalam implementasinya sistem manajemen keselamatan kapal lebih menitikberatkan kepada sistem penanganan keselamatan dan pencegahan pencemaran berupa prosedur-prosedur operasional kapal dalam berbagai kondisi pelayaran serta tentunya dari aspek peralatan dan perlengkapan keselamatan di kapal.

Dalam laporannya, Kasubdit Pencegahan Pencemaran dan Manajemen Keselamatan Kapal dan Pelindungan Lingkungan di Perairan, Stephanus Risdiyanto menyampaikan kegiatan pengukuhan ini bertujuan memenuhi ketentuan Pasal 46 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 45 Tahun 2012 tentang Manajemen Keselamatan Kapal yang menyatakan bahwa seorang auditor harus memiliki kompetensi di bidang manajemen keselamatan kapal serta Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor: HK.103/1/16/DJPL-16 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Audit Manajemen Keselamatan Kapal.

Kegiatan pengukuhan ini berlangsung selama 3 hari yang dilaksanakan di Hotel Bigland Sentul, Bogor pada tanggal 14 s.d 16 Maret 2023 serta kegiatan ini diikuti oleh Peserta pengukuhan Auditor ISM Code Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, berjumlah 30 (tiga puluh) orang yang terdiri dari perwakilan dari berbagai Unit Pelaksana Teknis dan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut serta narasumber dan penguji pada kegiatan ini berasal dari Lembaga dan asosiasi yang berkompeten di bidang manajemen keselamatan kapal.

 

Berita Terbaru